EfRiLia…











{Juli 1, 2008}   Jawaban UAS

PERHATIAN

1.      Berdoa sebelum mengerjakan soal

2.      Baca soal baik-baik dan kerjakan tanpa saling membantu

3.      Selamat bekerja dan semoga sukses

4.      Jawaban:

a.       Di Upload di blog masing-masing

b.      Di Email ke budi_cimahi@yahoo.com; budi_mulyana@lycos.com; (semuanya)

c.       Di Print out

5.      Maksimal Jawaban Upload Blog dan Email Tanggal 3 JULI 2008 Jam 07.00 WIB

6.      Maksimal Jawaban Print Out Tanggal 3 JULI 2008 Jam 13.00 (mengisi Absensi UAS)

SOAL

Berdasarkan tugas yang telah di up-load di blog masing-masing

1.      Resume dalam bentuk bagan:

Kelompok Kawasan : Eropa

Nama Negara : Inggris

Kapabilitas Politik Negara

Paham yang dianut

Uraian

Keterangan

Ideologi

Demokrasi parlementer

demokrasi parlementer adalah sebuah konsep yang

terbentuk karena pengalaman sejarah tertentu, dalam hal ini sejarah

Inggris yang kemudian dicoba di Prancis dan Jerman.

 

Dalam pola demokrasi parlementer

ada tahap-tahap perkembangan historis sebagai berikut:

(a) Di sebuah negara ada kekuasaan absolut raja yang ditopang dengan

teori feudalisme,

(b) Kemudian muncul kelas penguasa lokal yang mendapatkan kekayaan

besar dan menggunakannya untuk melawan raja dengan menggunakan

instrumen struktur formal kenegaraan (parlemen/Commons) dan

(c) Perlawanan secara militer ini dibarengi dengan menggunakan

perlawanan secara ideologis, yaitu dengan mengeluarkan teori-teori

tandingan untuk melawan teori feudalisme, yaitu teori yang sekarang

kita sebut demokrasi parlementer.

 

Ekonomi dan Teknologi

Liberal

inggris adalah salah satu yang ekonominya paling kuat, produk domestic bruto (PDB) berada di urutan terdepan di negara-negara Eropa.

Pada tahun 2002, ekonomi Inggris berada di nomor 4 terbesar di dunia, dan sebagai negara investor nomor 2 terbesar di dunia.

 

nggris tetap mempertahankan mata uang poundsterlingnya walaupun sebagian besar Negara anggota Uni Eropa telah mengunakan mata uang Euro

Demografi

Jumlah penduduk 60.943.912 jiwa

Bahasa : Inggris

 

Usia 0-14 : 16,9% (pria 5.287.590/wanita 5.036.881)
usia 15-64: 67,1% (pria 20.698.645/wanita 20.185.040)
usia 65 keatas: 16% (pria 4.186.561/wanita 5.549.195)

 

Militer

Terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan laut,dan angkatan udara

Departemen Pertahanan Inggris kini tengah mengkaji pesawat tempur baru bagi angkatan bersenjatanya.  Salah satu jenis pesawat tempur yang dikaji adalah F-35 yang akan dimodifikasi menjadi versi STOVL (Short take-off vertical landing) sehingga dapat dioperasikan dari kapal induk.

Versi F-35B STOVL ini diharapkan akan dapat dioperasikan baik oleh pihak angkatan udara maupun angkatan laut.

 

Inggris memiliki kontribusi sekitar US Dollar 2 milyar dalam program pengembangan JSF (Joint Strike Fighter) bersama Amerika Serikat dengan dasar kerjasama memorandum kesepakatan yang ditanda tangani pada Januari 2001.

Geografi

Luas wilayah : 130.395km²

Terletak di Eropa Barat

Inggris meliputi 2/3 pulau Britania Raya dan menerima batas darat di utara dengan Skotlandia dan barat dengan Wales. Sedangkan di selatan Inggris dipisahkan dengan Perancis oleh Selat Inggris. Letak astronomis : 50°LU – 61°LU dan 11°BB – 15°BB

 

 

Diplomasi

 

Kebijakan diplomasi suatu negara tentunya dapat berubah-ubah, yang tentunya sikap tersebut mewakili atas kepentingan negaranya. Salah satunya yaitu sikap diplomasi Inggris terhadap Iran mengenai permasalahan penangkapan 15 marinir Inggris yang dibekuk saat melanggar teritori Iran pada tahun 2007 lalu.

 

Sejarah Interaksi Internasional

 

 

 

Keterlibatan dalam Perang

 

Dalam hal keterlibatan Perang, Inggris merupakan Negara yang cukup aktif dalam hal peperangan. Dengan didukung oleh kekuatan militernya, inggris memiliki kepercayan diri tersendiri dalam berperang, diantaranya yaitu ketika Bala tentara Inggris menyokong pemberontak di Spanyol melawan Perancis dalam perang Peninsular di tahun 18081814, dengan didukung oleh kondisi alam yang menguntungkan, serta dibantu dengan pergerakan gerilyawan yang sangat aktif, pasukan Anglo-Portugis ini sukses mengganggu pasukan Perancis selama beberapa tahun. Puncaknya pada tahun 1815, tentara Inggris memainkan peran penting dalam mengalahkan pasukan Napoleon pada pertempuran Waterloo.

Selain itu Inggris juga terlibat dalam Perang Dunia I pada tahun 1914-1918, pada saat itu Inggris sebagai sekutu barsama dengan Belgia, Perancis, Yunani, Italia, Jepang, Rumania, Rusia, Serbia dan AS. Dan pada saat Perang Dunia II pun Inggris ikut terlibat dalam perang tersebut. Tidak sampai disitu saja, paska tragedi WTC 11 september 2001, setelah AS menyerukan perang terhadap terorisme. Afganiatan menjadi Negara dengan zona hitam, dengan tujuan menggulingkan kekuasaan Taliban yang dituduh melindungi Al-Qaeda serta untuk menangkap Osama bin Laden, Aliansi Utara Afganistan dalam menyediakan mayoritas pasukan, dengan dukungan dari Amerika Serikat dan anggota NATO lainnya seperti Perancis, Belanda dan Australia, Inggris pun ikut mengambil bagian dalam hal ini. begitu halnya pada Perang Teluk di Irak, Inggris ikut membantu AS dalam menginfasi Irak dengan dalil menyelamtkan Dunia dari senjata pemusnah masal yang dimiliki oleh Irak, yang meskipun sampai saat ini senjata pemusnah masal tersebut tidak pernah terbukti.

 

 

Keterlibatan dalam Perjanjian Internasional

 

mengenai keterlibatan dalam suatu perjanjian internasional, inggris memiliki suatu perjanjian mengenai lingkungan hidup, antara lain Air Pollution, Air Pollution-Nitrogen Oxides, Air Pollution-Persistent Organic Pollutants, Air Pollution-Sulfur 94, Air Pollution-Volatile Organic Compounds, Antarctic-Environmental Protocol, Antarctic-Marine Living Resources, Antarctic Seals, Antarctic Treaty, Biodiversity, Climate Change, Climate Change-Kyoto Protocol, Desertification, Endangered Species, Environmental Modification, Hazardous Wastes, Law of the Sea, Marine Dumping, Marine Life Conservation, Ozone Layer Protection, Ship Pollution, Tropical Timber 83, Tropical Timber 94, Wetlands, Whaling
signed, but not ratified: none of the selected agreements

 

(30 poin)

2. Resume Weekly News (event)

(a) Berdasarkan Weekly news, Uraikan dalam 200 kata, kondisi real yang terjadi di negara masing-masing. (20 poin)

jawab: Kegiatan yang berhubungan dengan kerajaan masih merupakan sorotan utama bagi masyarakat Inggris. Kegiatan Pangeran Harry yang mengemban misi di Afganistan untuk bertempur dalam kurun waktu empat bulan harus terhenti. Hal itu dikarenakan terdapat wartawan AS yang membocorkan misi tersebut, sehingga Pangeran Harry hanya berada di Afganistan selama 10 minggu. Selain itu Kasus kematian putry Diana pada tahun 1997 juga masih menjadi salah satu topik yang menarik bagi media Inggris, kasus ini merupakan permasalahan yang melibatkan keluarga kerajaan Ingris dan agen rahasia Inggris, yang namun pada akhirnya ditetapkan bahwa kerajaan inggris dan agen rahasia Inggris tidak terlibat dalam kasus kematian putri Diana ini seperti apa yang dituduhkan oleh Ayah Dodi Al Fayed. Selain masalah kerajaaan kondisi perekonoman Inggrispun sedang mengalami permasalahan ekonomi, yaitu aktifitas manufaktur Inggris yang melemah di kuartal 2008, Hal ini dikarenakan harga bahan baku yang meningkat dan permintaan domestikpun menurun.

Inggris juga cukup peka terhadap apa yang terjadi jepada Negara-negara lain, salh satunya ketika Myanmar mengalami bencana badai nargis, Inggris memiliki itikat baik untuk memberikan bantuan kepada Myanmar, walaupun pada akhirnya bantuan tersebut ditolak oleh Myanmar.

Bukan berarti tidak ada permasalahan di Inggris setelah kedudukan Perdana Mentri di pegang oleh Gordon Brown, adanya rasa ketidak percayaan atau keraguan dari masyarakat terhadap Perdana Mentri barunya ini. Akhirnya untuk mengatasi permasalahan krisis kepercayaan ini, Perdana Mentri inggris Gordon Brown ini membuat sebuah situs, yang dimana masyarakat Inggris bisa menanyakan hal apapun kepada pemimpin pemerintahannya ini.

Dalam hal perkembangan ilmu pengetahuan, Inggris merupakan Negara yang sumber daya manusianya cukup cerdas untuk menyikapi hal tersebut. Salah satunya yaitu dimana Para ilmuwan Inggris mendapat hak melakukan penelitian dengan embrio manusia-binatang, parlemen di London meloloskan apa yang disebut pers sebagai UU Frankenstein. Masalah itu, menurut beberapa kelompok, merupakan pertanyaan penting mengenai etika selama dua puluh tahun.

Dengan adanya dimensi moral, keagamaan dan keilmuan, maka para anggota parlemen menyetujui UU tersebut, sesuai hati nurani. Dengan 336 anggota yang setuju dan 176 menentang, berarti dunia ilmu pengetahuan bisa melakukan sesuatu yang baru.

Selain itu banyak dapat digambarkan pula disini bagaimana keadaan Inggris yang menghargai adanya perbedaan agama, yaitu dimana ketika Otoritas berwenang di Kerajaan Inggris Raya memutasikan seorang sipir penjara karena memberi nama anjing penjaganya dengan nama “Allah.” Tindakan sipir penjara ini sempat membuat heboh para tahanan di penjara Belmarsh.

 

(b) Kaitkan kondisi real tersebut dengan basis keseluruhaan kapabilitas negara. Kemukakan alasan mengapa kondisi tersebut (resume weekly news) terjadi. Uraikan dalam 100 kata. (20 poin)

jawab : Bentuk negara Inggris yang berupa kerajaan mengakibatkan segala kegiatan yang berhubungan dengan kerajaan menjadi sorotan utama masyarakat, baik itu masyarakat lokal maupun masyarakat Dunia. Kondisi manufaktur Inggris yang menurun pada kuartal 2008 sebenarnya sudah mulai terjadi sejak tahun 1998, hal ini disebabkan oleh para kapitalis di Inggris yang sudah tidak tertarik lagi untuk menginvestasikan modal mereka di bidang industri, sebagian besar dari mereka mengirimkan modalnya ke luar negri. Selain itu kondisi Inggris yang tidak bergabung dengan mata uang Euro juga menjadi salah satu dampak dari kemunduran perekonomian Inggris. Walaupun tingkat keikutsertaan Inggris dalam investasi asing langsung (FDI) ke Uni Eropa terus menurun sejak diterapkan Euro pada tahun 1999, namun Inggris tetap bertahan dengan poundsterlingnya, menurut mereka penolakan ini bukan saja berkaitan dengan kebanggaan mereka terhadap poundsterling, atau baik tidaknya bagi perekonomian Inggris, akan tetapi hal ini sudah menyinggung kemungkinan Inggris kehilangan kontrol politiknya.

3.      Kemukakan argumentasi tentang kapabilitas negara Anda, bila dibandingkan dengan negara-negara kelompok kawasannya (30 poin)

jawab : jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang berada di kawasan Eropa, inggris bisa dijadikan sebagai salah satu negara yang memiliki peluang untuk menjadi negara adi daya. Kapabilitas yang dimiliki oleh inggris, dari mulai kekuatan militer, ekonomi, sampai kebijakan luar negeri yang mereka memiliki secara keseluruhan memiliki dampak dan peran aktif terhadap kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan negara-negara lain.

Selain itu, inggris memiliki kepercayaan diri sendiri sebagai suatu negara yang berada di kawasan eropa. Dimana ketika negara-negara di Eropa secara bersama-sama sepakat untuk menggunakan mata uang tunggal, namun inggris tetap mempertahankan mata uangnya. Selain itu peran  Inggris dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan internasional, bisa dikatakan cukup aktif, karena Inggris sendiri bisa dikatakan sebagai teman baik dari As

secara keselurahan Inggris bisa dikatakan sebagai suatu negara yang patut diperhitungkan keberadaannya.

 



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: