EfRiLia…











{Juni 11, 2008}   Potensi Inggris Menjadi Negara Adi Daya

Jika kita membicarakan mengenai Negara Adi daya, pastilah kita teringat akan satu Negara yaitu Amerika Serikat (AS) yang dimana negara ini selalu dikatakan sebagai sat-satunya Negara super power yang sangat berpengaruh dalam hal apapun. Namun dalam perkembangan dunia internasional isu-isu baru selalu muncul dan tidak menutup kemungkinan sesuatu yang baru dan tak diduga bisa saja terjadi.

Negara Adi daya atau super power selalu indentik dengan kekuasaan serta pengaruh yang dibawanya, kekuatan militer yang kuat, perekonomian Negara yang maju, masyarkat yang makmur, pemerintahan yang aman dan kondisi Negara yang aman dan terkendali.

Sejak infasi yang dilakukan AS kepada Irak dengan dalil menyelamatkan masyarakat dunia dari senjata pemusnah masal dan melindungi masyarakat Irak dari kejamnya pemerintahan Sadam Husein, nampaknya kini kebijakan itu dirasakan justru memberikan pengaruh yang kurangmenguntungkan bagi AS, banyakmasyarakat dunia memandang bahwa kebijakan yang dilakukan AS itu hanya demi kepentingan AS semata.

Ketika AS tidak popular lagi dimata masyarakat dunia, tentunya kini kita mencoba melihat Negara mana yang berpotensi untuk menjadi Negara Adi daya yangmungkin dapat menjadi pesaing baru AS atau mungkin menggantikan posisi AS sebagai Negara Adi daya.

United Kingdom atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Inggris nampaknya bisa menjadi salah satu negara yang perlu kita perhitungkan. Dengan system pemerintahan Parlementernya Inggris menjadi salah satu Negara yang kuat dengan segala macam kapasitas Negara yang mereka miliki. dilihat dari segi perekonomian inggris adalah salah satu negara yang ekonominya cukup kuat, produk domestic bruto (PDB) berada di urutan terdepan di negara-negara Eropa . Inggris juga cukup aktif dalam melakukan agresi-agresi militer yang menurutnya dilakukan untuk menjaga perdamaian dunia, seperti yang dilakukannya kepada Iraq dalam membantu AS. Oleh karena itu dilihat dari eksistensi Inggris dan pengaruhnya dalam dunia internasional nampaknya INggris memiliki potensi besar untuk menjadi negara adi daya



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: