EfRiLia…











{Maret 11, 2008}   Teknologi Inggris

Siapa yang tidak mengenal negara yang satu ini. Negara ini begitu terkenal seantero jagat dan memiliki begitu banyak catatan sejarah. Tidak salah barangkali negara ini merupakan salah satu negara terbesar yang pernah ada di jagad ini.

Kita mulai dari pusat ilmu. Tidak dipungkiri beragam literature berasal dari sini. Relatif banyak imuwan yang mendapat nobel. Banyak universitas berumur ratusan tahun dan bertaraf internasional. Tidak sulit menyebutkan beberapa nama ilmuwan termasyur dari sini. Banyak temuan teknologi berasal dari sini.

Berikutnya budaya. Kita tahu belaka salah satu bahasa internasional adalah bahasa inggris. Dengan digunakannya bahasa ini maka budaya negeri ini turut terbawa seantero semesta. Inggris sekaligus merupakan gabungan negara modern dan kerajaan. Begitu banyak cerita raja-raja berasal. Kita belum lupa heboh perkawinan Pangeran Charles dengan Lady di. Kita disuguhi berita kiprah pangeran William dan Herry, yakni Putra dari Charles/Lady. Kita tahu kecelakaan yang menewaskan Lady Di. Kita tahu bahwa Ratu Inggris begitu berpengaruh dan bahkan disakralkan. Siapa tidak kenal dengan istana Bukingham. Siapa tidak kenal kota London sebagai salah satu kota modern sekaligus kota tradisional. Bukan rahasia lagi kota Singapore yang begitu megah ternyata menyontek dan meniru kota London. Tidak mustahil karena Singapore adalah bekas jajahan Inggris.

Harry Porter, siapa yang tidak mengenalnya. Cerita fiksi yang telah melambungkan nama pengarangnya JK Rawling dan mengantarnya menjadi salah satu wanita terkaya di Inggris. Buku dan filmya menjadi buruan dan paling ditunggu di belahan dunia manapun. Bukunya terjual jutaan eksemplar dan filmya menghasilkan jutaan dollar.

Sepak bola, siapa yang tidak mengenal olah raga paling akbar sejagad ini. Siapa tidak mengenal liga Inggris. Siapakah yang tidak mengenal Manchester United, salah satu klub terkaya yang merangkai olah raga bola dengan bisnis derivative bolanya. Tidak dipungkiri bahwa Inggris identik dengan olah-raga Bola.

Negara G-7, siapa tidak yang tidak mengetahuinya. Semua tahu belaka bahwa G-7 adalah sekumpulan negara dengan kemampuan ekonomi paling berpengaruh. Inggris adalah salah satunya. Siapa pula yang tidak tahu hubungan istimewa Inggris dengan Amerika Serikat- sang dominator ekonomi dunia. Semua tahu bahwa ada hubungan histories antara Inggris dan Amerika. Penduduk Amerika saat ini adalah imigran salah satunya dari Negara Inggris. Hubungan Inggris dan Australia, siapa tidak tahu. Keduanya adalah Negara dan commonwealth-nya. Sejarah mirip, dulunya banyak pelarian dari Inggris lari ke Australia dan menjadi penduduk di sana.

Apakah masih ada lagi, hmm sangatlah banyak. Siapa belum mendengar pesawat canggih Concord. Pesawat jet penumpang hasil teknologi Inggris dan Prancis. Pesawat dengan rates termahal konon harga tiket London ke New York adalah sekitar 80 juta rupiah pada tahun itu. Pesawat yang terbang pada ketinggian 80 ribu kaki jauh diatas ketinggian normal sekitar 30 ribu. Siapa pula yang belum mendengar pesawat Airbus, product kolaborasi Inggris-Prancis. Satu-satunya pesaing tangguh dari Boeing, buatan Amerika.Perusahaan Inggris Ciptakan Kamera Tembus Baju

Satu perusahaan di Inggris telah mengembangkan kamera yang bisa mendeteksi senjata, Narkoba, obat-obatan atau bahan peledak yang disembunyikan di balik pakaian hingga jarak 25 meter.

Kamera T5000 yang dibuat ThruVision menggunakan “teknologi pencitraan pasif” guna mengidentifikasi objek lewat sinar elektromagnetik alami — dikenal dengan nama Terahertz atau T-rays –yang dipancarkan benda tersebut.

Kamera berkekuatan tinggi itu bisa mendeteksi benda tersembunyi hingga jarak 25 meter dan tetap efektif pada orang yang bergerak.

Kamera tersebut tidak menyingkap detail fisik tubuh dan proses screeningnya tidak berbahaya, ungkap perusahaan tersebut.

Teknologi yang bisa diterapkan untuk keperluan militer maupun sipil itu bisa digunakan di Bandara yang ramai, mal belanja atau untuk kegiatan olahraga.

Kamera tersebut akan diperkenalkan pada pameran kemajuan ilmu pengetahuan yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri Inggris pada 12-13 Maret.

“Aksi terorisme telah menggoncang dunia pada tahun-tahun ini dan langkah pencegahan keamanan sudah diperketat secara global,” kata Clive Beattie, direktur eksekutif ThruVision seperti dikutip AFP.

“Kemampuan untuk melihat benda metalik maupun non-metalik pada orang-orang sampai jarak 25 meter tentu merupakan kemampuan kunci yang akan meningkatkan setiap sistem keamanan komprehensif.”

ThruVision menghasilkan teknologi untuk T5000 dengan kerjasama dari Badan Angkasa Eropa dan dari penelitian para astronom yang mengamati bintang-bintang sekarat.

Teknologi itu berfungsi dengan asumsi bahwa setiap orang dan benda memancarkan radiasi elektromagnetik berkadar rendah.

Sinar Terahertz berada di antara infra merah dan gelombang-mikro pada spektrum elektromagnetik.

Setiap bahan memiliki gelombang yang berbeda sehingga bahan peledak bisa dibedakan dengan setumpuk tanah liat, begitu pula kokain bisa dibedakan dari tepung terigu



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: